PRODI ILMU PEMERINTAHAN S3

DOKTOR ILMU PEMERINTAHAN


LANDASAN PENYELENGGARAAN

Program Studi Doktor Ilmu Pemerintahan (DIP) diselenggarakan berdasarkan SK Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi tanggal 25 Januari 2002 No. 148/D/T/2002 . Tentang Penyelenggaraan Program Studi Doktor Ilmu Manajemen Pemerintahan jenjang Strata 3 pada Universitas Satyagama.

VISI

Menjadi pusat pendidikan, penelitian ilmu pemerintahan yang handal dan terkemuka di indonesia.

MISI

  1. Menyelenggarakan program doktor secara profesional dan menciptakan iklim ilmiah serta budaya akademik yang kondusif bagi kegiatan pengembangan kurikulum, pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang relevan dengan tuntutan dan kebutuhan masyarakat.
  2. Mengembangkan pendidikan ilmu pemerintahan yang profesional dengan mendidik, melatih, meningkatkan dan mengkaji pengetahuan ilmu pemerintahan, manajemen, politik, sosial dan administrasi publik.
  3. Menghasilkan lulusan dalam bidang pemerintahan yang memiliki kemampuan akademik dan atau profesional yang unggul, bermoral dan mampu bersaing secara nasional maupun internasional.
  4. Menemukan teori baru dibidang pemerintahan melalui penelitian serta menyebarluaskan untuk kepentingan ilmu pengetahuan dan praktik pemerintahan di indonesia.
  5. Mengembangkan secara aktif disiplin ilmu dan praktik pemerintahan di tingkat nasional, regional maupun internasional.

KURIKULUM, BEBAN STUDI DAN LAMA PENDIDIKAN

Program Doktor diselenggarakan mengikuti sistem Satuan Kredit Semester (sks) dengan beban studi 46 sks untuk peserta lulusan Magister ilmu Pemenntahan (MIP). Untuk peserta lulusan Non MIP harus menempuh Mata Kuliah Prerequisit dengan beban studi 12 sks yang dapat ditempuh dalam 1 semester reguler atau 2 semester pendek.

Lama pendidikan Program Doktor untuk peserta lulusan MIP adalah sekitar 4 semester ,sedangkan untuk peserta lulusan Non MIP adalah 4 semester atau kurang, ditambah Prerequisit 1 semester.

PREREQUISITE

  1. Manajemen Pemerintahan.
  2. Teori Pemerintahan Daerah.
  3. Metodologi Ilmu Pemerintahan.
  4. Filsafat dan Etika Pemerintahan.